Monday, 27 May 2013

Laminate Floor (Lantai kayu)

Kayu solid semakin sulit didapatkan. Harganya yang kian melambung, sering menjadikan tidak terjangkau untuk kantong anda. Padahal anda ingin menghadirkan material tersebut sebagai penutup lantai rumah, sehingga mampu menghadirkan suasana hangat dan nyaman di dalam rumah anda.
Tapi jangan khawatir, teknologi yang semakin berkembang, mampu menghadirkan material alternatif yang tidak kalah indah penampilannya dengan penutup lantai parket dari kayu solid yang dikenal dengan sebutan laminate floor berbahan HDF (high density fiberboard).
Pemasangan yang mudah dan perawatan yang tidak rumit, menjadikan material ini layak untuk anda pertimbangkan sebagai penutup lantai anda. Belum lagi kekuatan laminate floor yang tidak diragukan lagi, ditambah kelebihan antigores, antinoda serta tahan terhadap sinar matahari dan api menjadikan material ini semakin banyak dicari sebagai material alternatif penutup lantai.
Bila anda tertarik untuk memasang sendiri parket laminate floor ini, ada beberapa langkah yang bisa anda jadikan pedoman untuk tahapan pemasangan material ini.
Langkah pertama, anda perlu menyiapkan lantai dengan terlebih dahulu melapisi seluruh permukaan lantai yang akan dilapisi parket dengan foam khusus untuk parket yang mampu menahan uap air dari lantai sehingga parket tidak mudah lembab dan berjamur. Foam ini direkatkan tiap sambungannya dengan menggunakan selotip, agar uap air tidak masuk melalui celah dan mempermudah pemasangan parket, karena foam tidak mudah bergerak.
Langkah selanjutnya, anda menyiapkan parket yang akan digunakan dengan terlebih dahulu mengelompokkan motif-motif dalam setiap lembaran parket sehingga ketika sudah terpasang motif serat kayu akan terlihat alami dan tidak acak. Ukuran luas ruang yang sebelumnya sudah anda miliki, menjadi pedoman dalam menentukan ukuran parket yang akan dipasang, mengingat pemasangan parket dengan system zig zag membutuhkan parket yang tidak semuanya utuh.
Setelah itu, anda tinggal memasang parket di permukaan lantai, parket yang sudah dilengkapi dengan system klik akan mempermudah pemasangan, karena sudah dilengkapi dengan satu sisi berlidah dan satu sisi berceruk, sehingga parket bisa masuk dan terpasang dengan kencang tanpa harus menggunakan lem. Untuk lebih memperkuat sambungan parket yang baru terpasang, anda bisa memukul tepi parket dengan menggunakan palu karet.
Apabila anda ingin memberikan sentuhan list pada tepian parket, anda tinggal menyiapkan list dan memasangnya dengan bantuan lem khusus, pada pertemuan sudut anda pelu memotong dengan sisi miring. Finishing pemasangan dilakukan dengan memberikan sealant untuk menutup sambungan list yang terlihat, kemudian bersihkan dengan lap akan terlihat bersih.
Impian mewujudkan lantai indah untuk rumah cantik anda dengan biaya terjangkau akan menjadi semakin mudah diwujudkan dengan menggunakan lantai parket atau parket laminate floor.